Senin, 09 September 2013



Pengertian Jaringan

Jaringan komputer adalah sebuah kumpulan komputer, printer dan peralatan lainnya yang terhubung dalam satu kesatuan. Informasi dan data bergerak melalui kabel-kabel atau tanpa kabel sehingga memungkinkan pengguna jaringan komputer dapat saling bertukar dokumen dan data, mencetak pada printer yang sama dan bersama-sama menggunakan hardware/software yang terhubung dengan jaringan. Setiap komputer, printer atau periferal yang terhubung dengan jaringan disebut node. Sebuah jaringan komputer dapat memiliki dua, puluhan, ribuan atau bahkan jutaan node.
JENIS JARINGAN KOMPUTER
Secaraumumjaringankomputerdibagiataslimajenis, yaitu;
 
1. Local Area Network (LAN)
Local Area Network (LAN), merupakanjaringanmilikpribadi di dalamsebuahgedungataukampus yang berukuransampaibeberapa kilometer. LAN seringkalidigunakanuntukmenghubungkankomputer-komputerpribadidanworkstationdalamkantorsuatuperusahaanataupabrik-pabrikuntukmemakaibersamasumberdaya (misalnya printer) dansalingbertukarinformasi.

2. Metropolitan Area Network (MAN)
Metropolitan Area Network (MAN), padadasarnyamerupakanversi LAN yang berukuranlebihbesardanbiasanyamenggunakanteknologi yang samadengan LAN. MAN dapatmencakupkantor-kantorperusahaan yang letaknyaberdekatanataujugasebuahkotadandapatdimanfaatkanuntukkeperluanpribadi (swasta) atauumum. MAN mampumenunjang data dansuara, bahkandapatberhubungandenganjaringantelevisikabel.

3. Wide Area Network (WAN)

Wide Area Network (WAN), jangkauannyamencakupdaerahgeografis yang luas, seringkalimencakupsebuahnegarabahkanbenua. WAN terdiridarikumpulanmesin-mesin yang bertujuanuntukmenjalankan program-program (aplikasi) pemakai.

4. Internet

Sebenarnyaterdapatbanyakjaringandiduniaini, seringkalimenggunakanperangkatkerasdanperangkatlunak yang berbeda-beda. Orang yang terhubungkejaringanseringberharapuntukbisaberkomunikasidengan orang lain yang terhubungkejaringanlainnya. Keinginansepertiinimemerlukanhubunganantarjaringan yang seringkalitidakkampatibeldanberbeda.Biasanyauntukmelakukanhalinidiperlukansebuahmesin yang disebutgatewaygunamelakukanhubungandanmelaksanakanterjemahan yang diperlukan, baikperangkatkerasmaupunperangkatlunaknya.Kumpulan jaringan yang terinterkoneksiinilah yang disebutdengan internet.

5. JaringanTanpaKabel

Jaringantanpakabelmerupakansuatusolusiterhadapkomunikasi yang tidakbisadilakukandenganjaringan yang menggunakankabel.Misalnya orang yang inginmendapatinformasiataumelakukankomunikasiwalaupunsedangberadadiatasmobilataupesawatterbang, makamutlakjaringantanpakabeldiperlukankarenakoneksikabeltidaklahmungkindibuat di dalammobilataupesawat.Saatinijaringantanpakabelsudahmarakdigunakandenganmemanfaatkanjasasatelitdanmampumemberikankecepatanakses yang lebihcepatdibandingkandenganjaringan yang menggunakankabel.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PROFILE

Foto saya
PINRANG, SUL-SEL, Indonesia
(NAMA LENGKAP : KHAERULM. M) (NAMA PANGGILAN : HEERUUL) (MY HOBI : FOTBALL) (JUMLAH SAUDARA : 4 (EMPAT)) (ANAK KE : 2)